Cara Menghapus Virus .lnk ( Shourcut ) Di Windows 7 dan 8

Biasa Virus ini menyebar dengan Flashdisk dan internet di website-website tidak jelas,,
jadi hati2 y menggunakan Flashdisk dan mengunjungi web yg gak jelas..

Caranya adalah: 

  1. Pertama yg anda harus lakukan adalah menyamakan folder. buka CMD ADMIN lalu ketikan ini :Attrib -r -a -s -h /s /d
          Lihat Gambar Di bawah:


         Lalu tekan Enter.

     2. Ketik Lagi di CMD : del *.lnk /s
     3. Pindah ke partisi Data Agan, jika Partisi agan ada 2 partisi misal : D dan E , jadi kita harus melakukan perintah delete di setiap2 partisi agan, seperti yang kita lakukan pertama di Partisi C,
     4. Nah, sekarang ane mau pindah ke partisi D ya gan, Ketik Di CMD lagi dengan perintah: D:
     Lihat Gambar Di bawah:
     5. Ketik Perintah : del *.lnk /s
        lihat Gambar di bawah:

 Lalu Enter.

     6. Nah sekarang ane mau pindah lagi ke Partisi E, ketik Perintah : E:
         disini ketik juga perintah yg sama seperti yg agan lakukan sebelumnya:
         Perintahnya : del *.lnk /s

     sekarang Restart Komputer agan,

     hi,,, jumpa lagi,, hehhe,,
Untuk memastikan virusnya terhapus di komputer anda,
 yang harus anda lakukan adalah Install Anti virus dulu (jika belum punya download dulu di google)
disini saya menggunakan Avast antivirus,
lalu buka antivirus tersebut, scan komputer anda.

untuk mengetes apakah virusnya masih ada atau telah terhapus dari komputer anda,
colokan flaskdisk yang belum ada virus shourcut nya,
buka Flashdisknya, jika shourcut-shourcut nya tidak muncul lagi,
berarti komputer anda sudah terbebas lagi virus shourcut.
Jika muncul dan ada blocking dari avast, lihat prosesnya,,
Disini terkadang menemukan virusnya berasal dari Mozilla Firefox,
uninstall Mozilla nya,,
lalu restart komputer anda.


Untuk Menghapus Virus shourcut yang ada pada Flashdisk, Bisa di hapus di komputer teman, atau komputer yang ada anti virus terupdate (Anti virus saran dari saya adalah Avast),
colokkan Flashdisk ke PC nya, Automatis Virus nya dapat,, tinggal Clear kan saja semua,,
 Note : Untuk virus ini Smadav 100% Bisa mendeteksinya,sudah saya uji,
            Anti virus avast bisa meng Block Virus ini dari flaskdisk  , sudah saya uji
  
Selesai
  Semoga bermanfaat  :-)

NOTE : Cara ini manual,, Apabila anda melakukan dengan cara ini,, bisa-bisa file lnk yang bukan virus juga akan terhapus, solusinya anda harus menambah kembali file lnk (shortcut Program) yang hilang di Desktop anda,,

dan jika suatu ketika windows explorer terbuka sendiri saat menghidupkan komputer anda
silahkan baca artikel ini :
Suatu ketika:
saya juga mengalami 1 masalah saat merestart sesudah menghapus virus ini secara manual,
mungkin ada beberapa dari anda mengalami hal ini,,,
saya mendapatkan tulisan seperti gambar dibawah ini:





nah,, sekarang anda buka tab run (bisa dengan menekan tombol Windows + R)
ketik "msconfig" tanpa tanda petik
seperti gambar dibawah ini:

akan muncul pilihan seperti gambar dibawah ini:
sekarang pilih tab Startup

Lalu akan muncul gambar seperti dibawah ini:

Hilangkan Contreng  di Desktop seperti gambar di atas..

terus Apply lalu Ok, dan Restart kembali Laptopnya
Seperti gambar di bawah ini





Selesai,,
semoga membantu.
salam blogger...

Sumber: Pengalaman Pribadi 

Post a Comment

  1. Saya mengalami hal diatas, dan saya sudah melakukannya langkah-langkah diatas, tapi tidak ada hasil dan malah semakin parah, hampir semua extensi program berubah menjadi shorcut lnk. apa ada solusi lain...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika file extensi program semua berubah menjadi .lnk..
      silahkan download file registry untuk mendefaultkan kembali,,
      downloadnya di artikel saya ini , dan ikuti tahap pertahapnya
      http://pehbate.blogspot.com/2014/03/windows-explorer-tidak-bisa-dibuka-icon.html

      terima kasih atas kunjungannya..
      dan jika tetap tidak bisa tlong hubungi saya kembali..

      Delete
    2. bang kok punya ane pas di msconfig nama dekstop ga ada tuh?
      ada solusi ga?

      Delete
    3. yang dimana nya tuh gan?
      coba kirim screenshootnya lewat fb ane fb.com/rachmat.hydra,,
      ane tunggu y gan..

      Delete
    4. owh,, yg ceklist desktop y gan,,
      itu cuma shortcut gan,,
      kalau gak ada, brarti gak perlu di hapus ceklistnya ,,
      Desktop Shortcut yang gambar di atas itu, posisi nya di folder Startup gan,,

      sedikit ane syarankan ya gan,, pake anti virus 7 eset nod 32 , Insya Allah Virus .Ink gak bakalan masuk ke Lepi agan,,
      ane sudah test gan..

      Delete
  2. Misi gan, izin share ya...
    Kami menjual Memory RAM

    DDR 3 4GB – 12800 Visipro
    Price Rp 435.000

    Deskripsi :

    Speed :1600MHz
    PC :12800
    Module Type : 240 PIN
    Process & Power Supply : 1.35 V
    Package Type : FBGA
    Chipset : Hynix H5TC Series

    Kunjungi web kami untuk produk lainnya



    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  3. Gan saya pgn nyoba, tapi liat komentar yg malah tambah parah jadi gak berani nyoba. Klo cara pake software menggunakan apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan akbar masalah nya apa nih? shorcut berubah menjadi sama semua, atau windows explorer terbuka sendiri,
      karena beda cara penyelesaiannya,,
      sangat saya sarankan,, gunakan antivirus Eset Nod32 versi 2015, sudah saya uji, antivirus eset bisa menghapus semua virus .ink.. kalau specs laptop agan tinggi, gunakan bitdefender,
      dijamin laptop agan kebal yang namanya virus, karena sudah saya uji dengan beberapa virus terkenal hebatnya..

      Delete
    2. Saya blm nyoba, tapi laptop saya kena virus .ink gan. Nah tau tadi tambah parah jadi ane gak brani nyoba.

      Delete
    3. pakai antivirus eset nod32 aja gan,, Insya Allah hilang tu virus

      Delete
  4. gan, alhamdulillah bisa, tpi prosesnya lama bgt gan,
    tpi saya coba pke attrib tdi cmdnya sama kyk tdi juga responnya, udah 3 kali, saya lgsg back up data saya ke fd lain gan, hehehe....
    semoga sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip gan, makasih atas kunjungannya gan..
      saya sarankan gunakan antivirus eset jika lepi agan 2 GB Ram,, jika lepi agan 4 gb ram, pake bitdefender (Antivirus ini agak berat, namun virus tak bisa menempus antivirus ini gan)

      Delete
  5. Gan ane ngikutin ug d atas kok malah ug kluar acces denied ya ? , pas abis ngetik attrib itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. install anti virus eset nod32 aja gan,, Insya Allah ilang tu virus

      Delete
  6. Gan ane ngikutin ug d atas kok malah ug kluar acces denied ya ? , pas abis ngetik attrib itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gan, gak sempat login :D
      agan Run CMD nya coba Run as Administrator..
      Biar Hak Aksesnya Full, gak di denied.

      Delete
    2. Gan tolong, walaupun sudah run as administrator tetap saja access denided.

      Delete
    3. Iya betul sy juga tetap access denied kenapa ya?

      Delete
    4. install anti virus eset nod32 aja gan,, Insya Allah ilang tu virus

      Delete
  7. Permisi gan, ane ada masalah dgn virus LNK:Runner-F [wrm] di fd saya, sbnrnya antivirus udah mendetect virus tsb cuman yg jadi masalah nya disana ada file kuliah yg cukup penting, file tsb mau dibalikin lg susah, apa agan ada solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan pake antivirus apa?
      kalau smadav tidak bisa menghapus virus seperti .lnk,
      hanya bisa mendeteksi saja.

      Delete
  8. Kok pas di start up ga ada contreng'an dekstopnya gan?

    ReplyDelete
  9. sore, mau tanya dong, pas start up ga ada contrengan desktopnya, setiap nyaLain seLaLu muncuL "desktop notepad" itu gimana cara hiLanginnya ya, toLong dibantu yah, makasih :D

    ReplyDelete
  10. sore, mau tanya dong, pas start up ga ada contrengan desktopnya, setiap nyaLain seLaLu muncuL "desktop notepad" itu gimana cara hiLanginnya ya, toLong dibantu yah, makasih :D

    ReplyDelete
  11. dengan antivirus biasa emang ngga bisa ya gan?

    ReplyDelete
  12. Terima kasih atas infonya min sangat berguna dan bermanfaat

    ReplyDelete
  13. Terima kasih atas infonya min sangat berguna dan bermanfaat

    ReplyDelete
  14. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat, jangan lupa untuk kunjungi website kami untuk mendapatkan info menarik seputar berita teknologi desktop, gadget, gaming, notebook, mobile, software and tips : HypeTech

    ReplyDelete

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.