Menggunakan Fungsi NPER pada Ms. Excel untuk Mengetahui Jangka Waktu Pembayaran

Sebelumnya kita sudah membahas fungsi PMT untuk menentukan besar angsuran berdasarkan besar pinjaman, suku bunga dan jangka waktu pembayaran. Selain menentukan besar angsuran, Ms. Excel juga menyediakan fungsi NPER untuk mengetahui jangka waktu pembayaran, jika suku bunga dan jumlah pinjaman diketahui.

Fungsi NPER adalah fungsi pada Ms. Excel untuk menentukan jangka waktu pembayaran, jika suku bunga dan besar angsuran telah ditentukan. Berikut sintaks fungsi NPER:

=NPER(rate;pmt;pv;[fv];[type])

Keterangan :
  1. Rate : Tingkat suku bunga yang berlaku
  2. PMT : Jumlah pembayaran atau besar angsuran yang dibayarkan
  3. Pv : Present value atau nilai saat ini yang akan dihitung, dapat berupa besar pinjaman
  4. Fv : Future Value atau nilai yang akan datang yang ingin dicapai setelah pembayaran terakhir dilunasi. Jika diabaikan maka dianggap nol (0). Item ini bersifat opsional, dapat diabaikan.
  5. Type: Tipe pembayaran,menunjukkan kapan pembayaran jatuh tempo. Item ini bersifat opsional, dapat diabaikan. 0 berarti jatuh tempo pada akhir periode, 1 berarti jatuh tempo pada awal periode.
Berikut contoh penggunaan fungsi NPER, untuk mengetahui berapa bulan jangka waktu pembayaran angsuran, jika suku bunga dan besar angsuran diketahui:













Berdasarkan tabel di atas, maka akan dihitung berapa lama jangka waktu pembayaran. Dari tabel di atas dapat diketahui:
  1. Rate = suku bunga / thn, dimana untuk menentukan jangka waktu dalam bulan, maka suku bunga ini hari dibagi 12 bulan.
  2. PMT = Angsuran / Bulan
  3. PV = Jumlah Pinjaman, dimana nilai ini dibuat minus (-PV) karena diasumsikan bahwa uang sejumlah tersebut dikeluarkan pada saat ini.
  4. FV = 0, karena pada akhir periode pembayaran, maka jumlah pinjaman akan habis (lunas). Dengan kata lain jumlah pinjaman = 0 dan,
  5. Type : 0 ,karena jatuh tempo yg dipilih adalah akhir periode.
Maka Pada sel E3,dapat kita masukkan rumus berikut:
=NPER(C3/12;D3;-B3;0;0)











Kemudian copy rumus ke bawahnya, dengan cara drag mouse, sehingga didapat:










Agar jangka waktu menghasilkan nilai bulat (tanpa koma), maka seleksi (blo) sel jangka waktu yang telah dihitung tadi. Kemduian Pada Tab Home, Klik Format pilih Format Cell → pilih Number.



































Maka akan didapatkan hasil berikut:









Maka didapatkan bahwa jangka waktu pembayaran untuk jumlah pinjaman Rp 5.000.000 adalah 11 bulan, jumlah pinjaman Rp 10.000.000 adalah 23 bulan, dan seterusnya. Selamat mencoba dan semoga tutorial ini bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Labels:

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.