Bahaya Begadang dan Kurangnya Waktu Tidur



Menurut National Sleep Foundation, seorang dewasa membutuhkan tidur selama 7-9 jam di malam hari. Waktu tersebut dinilai efektif untuk mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas. Sayangnya, tak banyak orang yang disiplin dan menaatinya. Contohnya saja kita, coba hitung, berapa jam kita tidur dalam sehari?

Anda perlu pikir-pikir lagi bila ingin bergadang mulai saat ini. Pasalnya, begadang meski hanya sekali membuat perubahan dalam otak dimana sama halnya dengan gangguan gegar otak ringan, kata penelitian terbaru dari Swedia.

Untuk mendapat hasil penelitian itu, peneliti melakukan observasi pada 15 orang sehat dan mengevaluasinya. Peneliti menginstruksi semua peserta untuk mendapatkan tidur delapan jam di laboratorium, dan malam lainnya mengkondisikan mereka benar-benar kurang tidur. Mereka di sana bermain game, membaca, menonton film agar mata dan tubuh tetap terjaga.

Setelah semua dianalisa oleh peneliti, sampel darah menunjukkan bahwa kadar tertentu penanda neurokimia yang terkait dengan kerusakan sel otak meningkat 20 persen ketimbang orang-orang yang istirahat dengan cukup.

"Pola tidur tak normal sudah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, tapi tak hanya itu, tidur kurang ternyata juga bisa mencederai otak kita, Bagaimana hal ini bisa terjadi? Karena sistem limpatik Anda 10 kali lebih aktif saat tertidur untuk membuang sel rusak dan racun dalam tubuh
, Bila Anda tak tidur otak Anda tak bisa membersihkan dirinya sendiri dan bisa menurunkan fungsi otak atau merasa sakit pada hari selanjutnya (waktu umur sudah tidak remaja lagi" kata  W. Chris Winter, M.D, penasihat dari Men’s Health sleep medicine dan Direktur Dedis dari Martha Jefferson Sleep Medicine Center di Charlottesville, Virginia, eperti dilansir Menshealth.

Resiko Besar Terkena Penyakit Alzheimer Serta Kelainan Syaraf Lainnya. Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh Maiken Nedergaard, M.D., D.M.Sc. dari Pusat Medis University of Rochester Medical Center, saat tertidur pulas pada malam hari, organ otak akan bekerja maksimal unuk  membuang racun serta sisa-sisa aktivitas syaraf yang menumpuk di organ otak selama beraktivitas seharian. Tumpukan racun serta sisa-sisa aktivitas syaraf inilah yang menjadi penyebab penyakit Alzheimer serta kelainan pada syaraf. Hal inilah yang menjadi alasan kuat, tidur pada malam hari lebih berperan penting daripada begadang tiap malamnya.

Saat seseorang tertidur pulas pada malam harinya, organ otak akan menciut hingga 60 persen. Hal ini akan membuat cairan pada tulang belakang otak dapat mengalir lancar. Cairan pada tulang belakang otak berperan dalam hal membuang sampah serta racun yang terakumulasi di otak ke dalam sistem peredaran darah serta hati seseorang untuk disaring. Semua proses diatas, akan berjalan maksimal, saat seseorang tertidur pulas serta nyenyak pada malam hari.  Jadi, masihkah hobi begadang tiap malam tetap anda lakukan, setelah membaca berbagai fakta tentang tidur malam. 

Ketika kita begadang, maka kita akan kurang tidur, jadi berikut saya mengulas sedikit bahaya dari kurang tidur yang saya sunting dari berbagai sumber...

Efek Kurang Tidur Terhadap Kesehatan
1.Ancaman obesitas
Saat seseorang kurang tidur, obesitas sedang mengancam kita. Tak heran kan jika kita yang sudah mati-matian diet tapi berat badan tetap tanpa kita tahu penyebabnya. Nah, salahkan jam tidur kita yang kurang.
Para peneliti mengatakan, seperti dikutip dari huffingtonpost, bahwa saat seseorang kurang tidur, maka pikiran secara otomatis kelelahan dan memberikan sinyal palsu atas rasa lapar. Akibatnya, kita akan makan dalam jumlah berlebihan di esok harinya, atau bahkan ngemil di malam hari.

2.Meningkatkan resiko diabetes
Dalam rangkaian penelitian 2012 lalu, ditemukan bahwa ada hubungan antara peningkatan penyakit diabetes dengan kurang tidur. Bahkan, saat ini anak-anak remaja maupun mereka yang tak punya gen diabetes sudah terancam akan penyakit berbahaya ini.

3.Jadi pelupa
Sering letih dan pelupa, bukan karena penuaan dini lho, tetapi karena kita kurang tidur. Semakin kurang jumlah jam tidur kita, maka semakin sering pula kita merasa lelah dan lupa. kita sering lupa mengingat barang-barang yang anda taruh sendiri, ketika hendak membutuhkan barang tersebut. Ini di mungkinkan pula akibat kita kurang tidur di malam hari. Cobalah pikirkan sendiri, sudah cukupkah tidur malam kita selama ini.

4.Tulang keropos
Diduga, osteoporosis juga disebabkan oleh kurang tidur. Menurut penelitian yang dilakukan 2012 lalu disebutkan bahwa ada perubahan kepadatan tulang saat tubuh kurang tidur. Dan apabila hal ini berlanjut dalam waktu lama, maka osteoporosis bukanlah hal yang asing lagi bagi para pelaku begadang,

5.Meningkatkan resiko kanker
Anda mungkin tak memiliki keluarga dengan riwayat kanker, namun bukan berarti kita bebas dari penyakit mematikan ini. Menurut penelitian 2010, sekitar 1.240 orang dinyatakan terkena kanker, dan 338-nya disebabkan kurangnya jam tidur (tidur kurang dari 6 jam sehari).

6.Daya Tahan Tubuh Menurun
Seperti yang sudah disampaikan pada paragraf sebelumnya, tidur adalah proses regenerasi sel dari dalam. Bila kita kurang tidur, otomatis daya tahan tubuh kita melemah. Tubuh kita akan mudah terserang virus yang ringan sekalipun, flu dan batuk misalnya. Sekalipun kita mengatur pola makan, tanpa diimbangi tidur yang berkualitas, daya tahan tubuh kita tidak akan prima.

7. Masalah pada Kandung Kemih
Dalam pertemuan yang diselenggarakan oleh American Urological Association tahun 2011, para peneliti dari New England Research Institute menyatakan bahwa kurangnya jam tidur di malam hari meningkatkan risiko masalah pada kesehatan kandung kemihnya.Penelitian tersebut dilakukan terhadap 4.145 pria dan wanita dewasa dan peneliti menemukan bahwa orang yang memiliki jam tidur kurang dari 5 jam setiap malamnya dan yang telah terjadi selama 5 tahun meningkatkan risiko nokturia hingga 80 sampai 90 persen. Nokturia adalah kondisi kesehtan yang mengharuskan seseorang bangun di malam hari untuk buang air kecil atau jika tidak kita dapat mengompol ketika tidur. Para peneliti menyatakan bahwa kurangnya tidur dapat menyebabkan peradangan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan masalah pada kandung kemih.

8. Yang terakhir adalah Kematian
Sebuah studi yang dilakukan selama 10 tahun terhadap 16.000 orang oleh para peneliti di Copenhagen University menghubungkan antara kurang tidur dengan peningkatan risiko kematian. Ternyata orang-orang di bawah usia 45 tahun yang tidak memiliki jam tidur yang cukup setiap malamnya memiliki risiko kematian dua kali lipat dibandingkan orang yang memiliki jam tidur yang cukup. Hal ini terjadi karena banyaknya efek buruk kurangnya jam tidur malam terhadap kesehatan seseorang.

Akibat dari kurang tidur
1. Jika anda seorang pekerja yang harus memakai mobil dan motor. kita harus memiliki istirahat yang cukup dimalam hari. Ini dikarenakan, jika anda kurang tidur di malam hari, maka dapat dipastikan fokus kita ketika menyetir akan menurun. Ini bisa berbahaya bagi kita, karena kita tahu jumlah kendaraan dari tahun ketahun terus meningkat sehingga dapat dibayangkan. kita kehilangan fokus di tengah banyaknya kendaraan di samping kiri, kanan, belakang, depan kita. Ingat nyawa taruhannya, akibat kurang tidur. Dilansir dari kompas.com, sebuah penelitan di amerika menunjukkan bahwa kualitas tidur yang rendah, maka hal itu dapat menyebabkan kecelakaan dan cedera saat bekerja. Masih maukah kita jadi orang yang bukan hanya membayakan diri sendiri, tetapi juga membayahan keluarga atau orang terdekat kita yang menjadi penumpang ketika kita menyetir ???

2. Tahukah kita, kurang tidur dapat menyebabkan konsentrasi menurun. Bagi kita yang berstatus pelajar atau kita yang harus bekerja menggunakan pikiran kita, kurang tidur dapat menyebabkan terganggunya konsentrasi ketika kita sedang belajar atau membutuhkan untuk  mengingat tentang sesuatu yang sudah dan belum kita kerjakan sebelumnya.

3. Akibat kurang tidur juga sangat buruk untuk kesehatan tubuh kita. Berbagai penyakit akan menghampiri kita seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke bahkan diabetes. kita tidak berharap mengalami itu semua kan....????

4. Akibat kurang tidur yang lain yaitu kita akan sering mengalami stress, sering marah-marah tidak jelas dan kelihatan sering murung di sela waktu aktivitas kita sehari-hari. Emosi tidak terkontrol, mungkin akan menjengkelkan bagi pasangan kita jika itu terus-terusan terjadi. Soo, masih maukah begadang jadi alternatif hidup kita???

5. Akibat kurang tidur akan berdampak tidak baik untuk kulit dan mata kita. Dalam hal ini, kulit kita akan kelihatan pucat dan kusam serta kerutan halus yang nampak pada kulit kita dan mata kita  terlihat bengkak.


Masih maukah anda begadang???
ketika kita dilahirkan di dunia ini, tidak cukup waktu kita untuk saling mengasihi dan menyayangi, menyayangi orang tua, anak,istri/suami (keluarga), apakah kita masih mau mempersingkatnya hanya dengan begadang??? Ya emank sih,, umur di tangan Allah, tapi kita selalu di suruh berusaha, makanya ketika sesuatu yang kita makan/lakukan merugikan diri kita hukumnya makruh bahkan di haramkam, artinya kita sebagai manusia disuruh berusaha.

semoga kita selalu dalam rahmat dan hidayah-Nya
Labels:

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.