Manfaat Tomat Buat Kesehatan Dan Kecantikan



Tomat (Gycopersicum esculentum Mill.) merupakan buah yang sering dijadikan bumbu dan masakan. Contohnya dalam sup, sayur asem, sambal tomat masakan lainnya. Selain itu, tomat juga sering dijadikan minumah seperti jus tomat. Namun selain enak dimakan, tomat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Diantaranya menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit dan sebagai masker untuk wajah. Untuk pengobatan, tomat dipercaya dapat mengobati wasir, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah penyakit jntung dan menangkal sel-sel kanker.
Manfaat Tomat Buat Kesehatan
1. Menjaga kesehatan mata anda
Buah tomat yang telah masak memiliki kandungan vitamin A sebanyak 1500 SI. Itu artinya buah tomat sangat baik utnuk menjaga kesehatan mata anda. Mata membutuhkan vitamin A untuk membentuk sistem penglihatan yang baik, vitamin ini akan membantu mengkonversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita. Jika mata anda kekurangan vitamin A maka mata anda menjadi tidak sehat, misalnya gangguan penglihatan dan lain sebagainya.

2. Mencegah penggumpalan darah
Tahukah anda bahwa salah satu penyebab penyakit stroke dan jantung adalah karena penggumpalan darah. Darah yang menggumpal akan menyumbat darah untuk mengaliri semua anggota tubuh anda, sehingga jika itu terjadi maka organ-organ dalam tubuh akan kehilangan suplai darah. Organ yang paling rentan terhadap penggumpalan darah ini adalah jantung. Dalam buah tomat terdapat biji, dan di luar biji tersebut terdapat gel berwarna kekuning-kuningan. Nah, itulah zat yang mampu mencegah penggumpalan darah dalam tubuh.

3. Antioksidan
Sistem kekebalan tubuh yang baik akan menjaga anda dari berbagai macam penyakit / virus yang masuk ke dalam tubuh anda. untuk mendapatkan kekebalan tubuh, anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, salah satunya buah tomat. Dalam buah tomat mengandung lycopene, yaitu semacam antioksidan yang berfungsi untuk menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat asap rokok , polusi udara, dan zat berbahaya lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Bukan hanya itu, ternyata lycopene juga berperan aktif dalam mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker prostat, kanker lambung, usus besar, tenggorokan, dan kanker rahim. 

4. Anti inflamasi
Inflamasi atau yang sering disebut radang adalah satu dari respon utama sistem kekebalan terhadap infeksi dan iritasi. Inflamasi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit koronis, misalnya kanker, diabetes, dan luka dan jerawat. Buah tomat adalah makanan anti inflamasi sehingga jika anda memiliki masalah dengan luka dan jerawat, maka sebaiknya anda mengkonsumsi tomat setiap hari.

5. Mencegah wasir dan sembelit
Mengapa buah tomat dapat mencegah wasir dan sembelit? Jawabannya adalah karena buah tomat kaya akan serat, sehingga mampu mengatasi gangguan pencernaan anda. Jika pencernaan bekerja dengan baik maka anda tidak akan mengalami wasir dan sembelit.
Rebus beberapa buah tomat yang sudah masak dalam minyak kelapa selama kira-kira sepuluh menit, lalu saring dengan sepotong kain. Setelah dingin, oleskan pada wasirnya.

6. Membantu menurunkan demam
Buah tomat dapat menurunkan demam? Ya, buah tomat dapat membantu menurunkan demam karena mengandung antiperitik. Antiperitik adalah zat-zat yang dapat menekan suhu badan pada keadaan demam. 
Cuci bersih 3 buah tomat masak, lalu potong-potong seperlunya. Lumatkan dalam setengah cangkir air masak dan satu sendok makan madu murni. Peras dan saring airnya, lalu minum. Lakukan tiga kali sehari. Penderita diabetes melitus dilarang menambahkan madu murni agar kadar glukosa darah tidak meningkat.

7. Menambah jumlah produksi sperma
Bagi anda kaum pria yang ingin memiliki sperma yang lebih banyak, cobalah untuk mengkonsumsi buah tomat. Buah tomat mengandung lycopene yang dapat membantu meningkatkan jumlah sperma, sehingga di prancis buah tomat dikenal dengan "pomme d'amour" atau apel cinta.



8. Mengatasi hipertensi
Makan buah tomat segar sebanyak 1 sampai 2 buah pada waktu pagi hari, saat perut masih kosong.

9. Mengobati luka memar
Jika Anda mengalami luka memar akibat terbentur atau terpukul, obati dengan tomat. Tim jus tomat yang ditambah dengan air jahe, lalu minum setelah dingin.

10. Radang usus buntu, sakit kuning
Minum jus tomat, sehari tiga kali, masing-masing satu cangkir. Tetap berkonsultasi dengan dokter.

11. Radang gusi dan gusi berdarah
Cuci buah tomat yang sudah masak, lalu makan mentah. Lakukan sehari dua kali, selama kurang lebih satu bulan.

13.MengobatiSariawan
Potong-potong buah tomat yang sudah masak (dua buah), lalu masak dengan ikan segar. Setelah dingin, makan. Lakukan setiap hari selama 1
sampai 2 minggu sampai tampak perbaikan.

14. Ulkus lambung
Iris tomat masak dan jeruk yang diasamkan masing-masing satu buah. Tambahkan satu sendok makan madu, lalu aduk merata. Makan sedikit-demi sedikit, sehari 3 sampai 4 kali, selama tiga minggu. Meningkatkan nafsu makan. Jika anak Anda mengalami susah makan, suruh dia meminum jus tomat satu jam sebelum makan. Insya Alloh nafsu makannya akan bertambah.

Manfaat Tomat Buat Kecantikan
1.     Mencerahkan Kulit dan Mengatasi Komedo
Tomat diketahui memiliki manfaat untuk menghilangkan komedo dan mengurangi komedo muncul lagi karena masker tomat  bisa mengurangi minyak pada kulit wajah. Jika buah tomat dikombinasikan dengan buah alpukat khasiatnya akan lebih dahsyat. Alpukat berfungsi sebagai pelembab alami dan memiliki zat anti kuman. Cara membuat racikannya tumbuklah satu buah tomat dan satu buah alpukat dengan halus, kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah sebagai masker. Kemudian anda diamkan selama 20-30 menit. Kemudian anda bilas dengan air bersih. Ramuan ini sangat cocok untuk kulit berminyak dan kering, karena perpaduan dari kedua bahan ini menghasilkan vitamin A, C dan E.

2.     Sebagai Tabir Surya Alami
Ternyata manfaat tomat untuk wajah bisa digunakan sebagai tabir surya alami. Tabir surya alami ini  untuk melindungi kulit anda dari sinar matahari yang panas. Tak hanya sebagai tabir surya alami, apabila kulit wajah Anda mengalami peradangan karena terbakar sinar matahari, Anda juga bisa menambahkan sedikit yogurt pada buah tomat yang sudah dihancurkan kemudian Anda balurkan pada bagian yang mengalami peradangan di wajah. Caranya cukup dengan menghancurkan buah tomat dan membalurkannya pada wajah yang terbakar sinar matahari secara langsung.

3.     Mengatasi Kulit Berminyak
Jika kulit wajah anda mengalami masalah dengan kelebihan produksi minyak, maka tomat juga bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mengatasi wajah berminyak. Cara membuat ramuannya sangat mudah yaitu parut atau blender sebuah tomat segar kemudian saring juicenya. Kemudaian tambahkan sedikit jus mentimun ke dalam sari tomat Anda lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah. Biarkan selama 20-30 menit, lalu bilas.

4. Untuk Wajah Berjerawat
Tomat bisa juga dijadikan ramuan yang efektif untuk mengobati jerawat. Pada obat jerawat ditemukan kandungan Vitamin A dan vitamin C  dan pada tomat juga kaya akan vitamin A, vitamin C, dan vitamin K Keasaman pada buah tomat membantu Anda mengurangi dan membersihkan jerawat yang Anda miliki.. Jika Anda memiliki jerawat ringan, anda cukup menempelkan potongan buah tomat segar yand sudah di iris tipis  pada wajah Anda. Biarkan selama satu jam kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan aktivitas ini secara teratur, anda bisa melakukannya setiap hari.

5. Mengatasi Pori-pori Besar di Wajah
Jika anda memiliki pori-pori wajah yang besar, tentunya ini akan memudahkan kotoran masuk ke bagian kulit wajah anda. Sehingga bisa meningkatkan resiko terkena infeksi kulit wajah oleh bakteri dan kotoran dari luar. Tapi jangan khawatir, alam sudah menyediakan obatnya dari tomat. Ramuannya adalah ambillah satu sendok makan jus tomat segar, lalu tambahkan 2-4 tetes air jeruk nipis segar. Gunakan kapas yang dibulatkan untuk mengoleskan ramuan tersebut pada wajah. Perhatikan, setelah di oleskan lalu pijat wajah anda dengan gerakan melingkar. Biarkan ramuan tersebut bertahan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan treatment ini secara teratur untuk hasil yang maksimal. Lakukan setiap hari atau dua hari sekali sudah cukup.

Sekian dulu ya info kesehatannya,,makasih atas kunjungannya,,, :-) LR

Labels:

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.