Tutorial Turbo Pascal 7: Kenal Lebih Jauh Dengan Array

Larik atau Array. Pernah mendengarkan istilah tersebut sebelumnya? Bagi yang belajar ilmu progamming mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Bagi yang belum, serangkaian dokumen ini akan membawa anda kenal lebih jauh dengan Array dalam Turbo Pascal 7.
Apa itu Array?
Array adalah variabel yang dapat menyimpan data lebih dari satu, dengan syarat jenis datanya semua sama.Berasal dari Bahasa Inggris "Array".
Konsep Array sangat penting dalam dunia programming. Dengan Array , kita tidak perlu membuat banyak variabel untuk melakukan hal-hal yang mirip atau serupa. Umpama dalam sebuah bis, kita hanya perlu mendeklarasikan variabel Array Bis, tidak perlu mendeklarasikan setiap penumpangnya satu-satu. Lebih sederhana, kan?
Contohnya:
Jika digambarkan, Array ibarat sebuah matriks yang dapat diisi dengan suatu nilai. Contoh:
ARRAY “BIS”





















Kita dapat mengisi matriks tersebut dengan nilai asal jenis datanya sama. Misalnya, kita gunakan string karena kita akan mengisi setiap anggota yang ada dengan nama penumpangnya.
ARRAY “BIS”





















Dalam turbo pascal, jika kita akan melakukan hal seperti di atas, gunakan tanda kurung siku ( [ … ] ). Contoh,  sama dengan anggota ke-satu dalam Array bis.
AYO KITA BUAT ARRAY !
Untuk membuat Array, ada beberapa format kode yang dapat digunakan:
Ayo kita gunakan format kode pertama ini untuk membuat beberapa Array:
Batas bawah Array adalah anggota pertama yang dapat diakses oleh Array. Batas atas Array adalah anggota terakhir yang dapat diakses oleh Array . Panjang Array adalah banyak anggota dalam Array.
Mengapa contohlagi[0] atau contohlagi[11] apabila diakses akan menyebabkan error?
Jawabannya sederhana. Dalam bahasa yang sederhana, Array nya aja cuman ada anggota 10, yaitu dari 1-10. Terus contohlagi[0] itu apa? Tidak terdefinisi kan?
Ada satu lagi cara untuk membuat Array. Pada dasarnya, cara apapun yang digunakan untuk membuat Array, cara mengakses Array nya tetaplah sama, yaitu menggunakan kurung siku.
Dengan Array yang kedua ini, ada sebuah keuntungan tersembunyi. Sudah bisa menebak apakah keuntungan tersebut?

KESIMPULAN
Array sangat bermanfaat dalam programming untuk menyederhanakan berbagai kerja yang melibatkan banyak variabel dalam satu rumpun. Konsep Array mirip dengan konsep himpunan. Bedanya, Array tidak memperhatikan urutan anggota.
Untuk menyatakan Array ada dua cara, dan diantara kedua cara tersebut ada untung-rugi yang perlu dipertimbangkan saat akan membuat Array ketika membuat program skala besar.
Konsep Array terdapat pada semua bahasa programming, yang membedakan adalah sintaks cara membuat Array nya.

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.