Memperbaiki Laptop Mati Total

Kali ini saya akan men-share pengalaman tentang cara memperbaiki laptop mati total. Laptop mati total dalam hal ini spesifikasikan kondisi sebagai berikut :

1. Laptop tidak bisa di charge, jika tetap di charge maka lampu indikator pada charger akan mati
2. Laptop tidak merespon jika tombol powernya ditekan.
3. Kematian laptop tidak di akibatkan oleh benturan atau terjatuh.
4. Kematian Laptop tidak di sebabkan laptop terkena air, misal kehujanan.

Jika Laptop kamu mati total dengan kondisi sebagaimana disebutkan diatas maka cara memperbaikinya adalah sebagai berikut :

1. Sebelum memulai perbaikan laptopnya, kamu harus memiliki alat solder , harus memiliki pengalaman membongkar laptop.
2. Lepas battery Laptop
3. Bongkar total laptop, biasanya dimulai dari keyboard
4. Jika sudah sampai ditahap motherboard, angkat motherboard dari kesingnya.
5. Siapkan AVO meter untuk pengecekan dan segera panaskan solder
6. Check konektor charger pada motherboard, hubungkan probe merah AVO meter pada kabel merah (+) dan probe hitam pada kabel hitam (-). Posisi selector AVO meter pada Ohm meter. Jika Avo meter menunjukkan adanya short circuit maka ini menunjukkan ada komponen yang rusak (Short)
7. Untuk mencari komponen yang rusak mulailah dari IC Power, Lihat gambar dibawah:


Ciri-ciri IC power rusak bisa dilihat menggunakan AVO meter, jika AVO meter mentok ke kanan (Posisi probe di bolak balik pada kedua sisi kaki IC yang dijumper,, 4 kaki pada satu sisi dan tiga kaki pada sisi yang lain) maka IC power rusak, atau jarum AVO meter diam saja juga menunjukkan IC rusak
8. Jika ada IC power yang rusak maka ganti dengan yang normal, bisa diambil dari laptop yang lain atau bisa beli yang baru, browse di google untuk mendapatkannya.
9. Jika semua IC power normal maka lanjutkan pengecekan
10. Cari skema laptop sesuai dengan type laptop kamu, browse di google untuk mendapatkannya, kamu bisa download gratis dibeberapa situs yang menyediakan skema laptop gratis.
11. Jika anda bisa mendapatkan skemanya maka cari jalur B+ atau pada beberapa skema menggunakan kode Vin V+ atau kode lain yang sejenis yang dimaksudnya adalah jalur sumber tengangan utama. Untuk menemukan jalur ini kamu bisa meng-urutkan mulai dari jek charger, setelah melewati IC power itu biasanya langsung masuk jalur B+. Setelah B+ ditemukan check menggunakan AVO meter untuk memastikan bahwa jalur B+ Short Circuit.
12. Pisahkan jalur B+ dengan jalur komponen yang lain satu persatu sambil di check menggunakan AVO meter untuk memetakkan jalur yang short circuit. Caranya adalah putuskan jumperan yang menghubungkan B+ ke komponen yang lain, kode jumperan ini adalah J...( J1,J2 dst. ). Pada beberapa jenis motherboard jumperan ini tidak ada, maka kamu harus lebih teliti dalam melanjutkan pengecekan.
13. Setelah jalur B+ dipisahkan dari jalur lanjutan maka check menggunakan AVO meter, maka kita akan menemukan block rangkaian yang short circuit. Dan lanjutkan untuk mencari komponen yang rusak pada block  yang telah kita temukan.
14. Biasanya dalam kasus seperti ini ada sebuah komponen capacitor ( Kapasitor ) yang rusak , konslet, sehingga menghubungkan jalur B+ ke ground. Lihat gambar dibawah:



15. Cari kapasitor yang short (rusak), lepas kapasitor yang kamu curigai dan check menggunakan AVO meter, Jika sudah ditemukan segera ganti dengan kapasitor yang lain, yang normal

Langkah-langkah diatas bisa diterapkan pada semua laptop, berdasarkan pengalaman dengan mengganti kapasitor yang short tersebut masalah bisa diatasi. Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan adalah rusaknya kapasitor ini bisa mengakibatkan IC power ikutan rusak, maka kita perlu untuk teliti dalam memastikan kondisi IC power.

Semoga pengalaman cara memperbaiki laptop mati total ini bermanfaat.

Labels:

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.